Membuat material vray hdri di 3ds max
Dalam tutorial ini saya share ilmu bagaimana cara membuat material vray hdri di 3ds max, untuk langkah awal kita harus rubah setting rendering dari standar ke setting vray caranya lihat disini, setelah itu anda munculkan Environment an affacts caranya tekan tobaol F8 pada keyboard, lebih jelasnya lihat gambar dibawah, kemudian klik none pada nomer 1 lalu pilih VrayHdri pada kolom no 2.
Setelah itu anda drag material dari kolom 3 ke material kolom 4, catatan : ini secara otomatis view Environment akan mengunakan material VrayHdri, dan mengalami perubahan sesuai dengan material hdri yang kita perbaharui atau kita edit.
Selanjutnya akan muncul Instance (Copy) Map, ini maksutnya material yang kita pakai akan memerbaharui secara otomatis ketika kita melakukan perubahan atau kita edit. kalau kita pilih copy berarti material tidak akan mempegaruhi environment yang kita akan pakai.
Kemudian pilih browse pada kolom 5 lalu pilih material hdri kalau belum punya silahkan download dulu, setelah itu pilih ok.
Kemudian anda Mapping Type menjadi Spherical pada kotak 8 lalu Overall Mult : 1,6 dan Gamma : 2.2.
setelah selasai coba render atau bisa mengunakan Quick Render dengan menekan tombol F9 dan hasilnya rendering mengunakan Environment