Membuat objek standar primitives 3ds Max
Standard
Primitives
Merupakan kelompok objek 3D dengan bentuk dasar berupa objek-objek bentuk sederhana. Bentuk dasar objeknya meliputi : Box, Sphere, Torus, Cylinder, Teapot, Cone, GeoSphere, Tube, Pyramid dan Plane.Penjelasan objek yang terdapat pada Standard Primitives :
A.1. Box
Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus/kotak yang dihasilkan oleh parameter
Length : menentukan ukuran panjang
Width : menentukan ukuran lebar
Height : menentukan ukuran tinggi
Length segs : menentukan jumlah segmen pada sisi panjangnya Width
segs : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya
Height segs : menentukan jumlah segmen pada sisi tingginya
A.2. Sphere
Sphere merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk bola,dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan ukuran besaran objek bola.
Segments : menentukan jumlah segmen dari permukaan.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan.
Hemisphere : berfungsi mengatur pemotongan sebagian.
Merupakan kelompok objek 3D dengan bentuk dasar berupa objek-objek bentuk sederhana. Bentuk dasar objeknya meliputi : Box, Sphere, Torus, Cylinder, Teapot, Cone, GeoSphere, Tube, Pyramid dan Plane.Penjelasan objek yang terdapat pada Standard Primitives :
Membuat objek standar primitives 3ds Max |
Box |
Length : menentukan ukuran panjang
Width : menentukan ukuran lebar
Height : menentukan ukuran tinggi
Length segs : menentukan jumlah segmen pada sisi panjangnya Width
segs : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya
Height segs : menentukan jumlah segmen pada sisi tingginya
A.2. Sphere
Sphare |
Radius : menentukan ukuran besaran objek bola.
Segments : menentukan jumlah segmen dari permukaan.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan.
Hemisphere : berfungsi mengatur pemotongan sebagian.
A.3.GeoSphere
Geodesic Sphere pada prinsipnya sama dengan objek Sphere, karena sama-sama membentuk objek bola, hanya saja metode pembentuknya yang berbeda, selain itu GeoSphere memiliki tiga type yaitu Tetra, Octa dan Icosa, sedangkan untuk fasilitas Hemisphere hanya bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.
GeoSphare |
Cylinder merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup, denganparameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan besaran jari-jari dari objek.
Height : menentukan ukuran ketinggian tabung.
Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung.
Cap Seg : menentukan jumlah segmen pada tutuptabung.
Sides : menentukan jumlah vertex.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan permukaan.
Radius : menentukan besaran jari-jari dari objek.
Height : menentukan ukuran ketinggian tabung.
Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung.
Cap Seg : menentukan jumlah segmen pada tutuptabung.
Sides : menentukan jumlah vertex.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan permukaan.
Menghasilkan bentuk tabung terbuka (pipa),Tube merupakan fasilitas objek dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius1 : pembentuk lingkaran pertama (jari-jari pertama)
Radius2 : pembentuk lingkaran kedua (jari-jari kedua)
Height : menentukan ukuran tinggi tabung.
Sides : menentukan vertex pembentuk lingkaran.
Cap segs : menentukan jumlah segmen penutup.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan.
Radius1 : pembentuk lingkaran pertama (jari-jari pertama)
Radius2 : pembentuk lingkaran kedua (jari-jari kedua)
Height : menentukan ukuran tinggi tabung.
Sides : menentukan vertex pembentuk lingkaran.
Cap segs : menentukan jumlah segmen penutup.
Smooth : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan.
Cone merupakan fasilitas objek yang pada prinsipnya sama dengan Cylinder, tetapi mempunyai dua Radius pembentuk lingkaran, yaitu lingkaran atas dan lingkaran bawah, sehingga besaran radius bagian atas dan bagian bawah bisa dibuat tidak sama ukurannya.
Parameter pembentuknya adalah :
Radius1 : menentukan besaran lingkaran bagian pertama.
Radius : menentukan besaran lingkaran bagian kedua
Haight : menentukan ukuran tinggi objek.
Cap Haight : menentukan jumlah segmen pada tinggi objek.
Sides : menentukan jumlah vertex pada lingkaran.
A.7.Torus
Torus |
Torus merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk roda atau kue donut, dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius1 : menentukan besaran lingkaran secara horizontal.
Radius : menentukan besaran lingkaran secara vertikal.
Rotation : menyediakan efek perputaran objek.
Twist : menyediakan efek puntiran pada objek.
Segments : menentukan jumlah segmen pada lingkaran.Sides: menentukan jumlah segmen pada body lingkaran
A.8.Pyramid
Radius1 : menentukan besaran lingkaran secara horizontal.
Radius : menentukan besaran lingkaran secara vertikal.
Rotation : menyediakan efek perputaran objek.
Twist : menyediakan efek puntiran pada objek.
Segments : menentukan jumlah segmen pada lingkaran.Sides: menentukan jumlah segmen pada body lingkaran
A.8.Pyramid
Pyramid |
Pyramid merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk piramida, dengan parameter pembentuknya adalah :
Width : menentukan ukuran panjang sisi alas piramida.
Depth : menentukan ukuran lebar sisi alas piramida.
Height : menentukan ukuran tinggi piramida.
Width segs : menentukan jumlah segmen bagian lebar.
A.9.Teapot
Width : menentukan ukuran panjang sisi alas piramida.
Depth : menentukan ukuran lebar sisi alas piramida.
Height : menentukan ukuran tinggi piramida.
Width segs : menentukan jumlah segmen bagian lebar.
Teapot |
Teapot merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk teko,dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan besaran objek teapot.
Segments : menentukan tingkat kehalusan objek.
Modeling teapot terdiri atas 4 macan bagian objek yg sudah terbentuk yaitu : Body, Handle, Spout, dan Lid.
A.10.Plane
Radius : menentukan besaran objek teapot.
Segments : menentukan tingkat kehalusan objek.
Modeling teapot terdiri atas 4 macan bagian objek yg sudah terbentuk yaitu : Body, Handle, Spout, dan Lid.
Plane |
Plane merupakan fasilitas untuk membentuk objek planar/datar yang tidak memiliki suatu dimensi yang dihasilkan oleh parameter :
Length : menentukan ukuran panjang permukaan.
Width : menentukan ukuran lebar permukaan datar.
Length segs : menentukan jumlah segmen pada sisi panjang.
Width segs : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya
Semoga bermanfaat...!
Length : menentukan ukuran panjang permukaan.
Width : menentukan ukuran lebar permukaan datar.
Length segs : menentukan jumlah segmen pada sisi panjang.
Width segs : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya
Semoga bermanfaat...!