#footer-content, #header-content, .navmenu, .menu-sticky, #subscribe-box, #wrapper, #template-maxwidth { max-width: 1200px; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMBUAT OBJEK 2D MENJADI 3D

memebuat objek 2d menjadi 3d

Cara memebuat objek 2d menjadi 3d mengunakan program 3ds max, yaitu dengan pengunaan modifier. Penggunaan Modifier Pembentuk Objek 3D Modifier pembentuk objek 3D yang dimaksud adalah fasilitas modifier yang hanya bisa digunakan untuk memberi dimensi pada objek 2D menjadi objek bentuk 3D.Beberapa perintah pada Modifier List yang bisa digunakan untuk mengubah objek 2D menjadi model objek 3D adalah

  • Extrude

Perintah Extrude ini berfungsi untuk memberikan dimensi/volume/ketebalan pada objek 2D menjadi objek bentuk 3D.Proses ekstrusi dilakukan dengan cara menyapu penampang searah garis lurus. Langkah-langkah yang harus dijalankan untuk proses Extrude  :

  1. Tekan tombol Create, pilih Shapes, lalu buatkan sebuah objek (misalkan bentuk bintang) pada salah satu viewport.
  2. Klik tombol Modify, lalu pada Modifier list pilihlah perintah Extrude.
  3. Pada parameter Extrude, berikan suatu nilai tertentu pada kolom Amount (misalkan 10), maka objek bintang tersebut membentuk objek 3D.
  4. Lakukan experimen dengan parameter yang lainnya.


Gambar berikut dibawah ini adalah merupakan hasil penerapan modifier Extrude yang diterapkan untuk sebuah objek 2D berbentuk bintang.



sebelum Extrude                      setelah Extrude

Selamat Mencoba.........