Membuat material kaca di 3dsmax
Pada tutorial ini saya akan membagikan tutorial cara membuat material kaca di 3dsmax mengunakan material vray, material yang dapat ditembus oleh cahaya matahari sehingga menghasilkan sinar matahari yang masuk kedalam ruangan , sebagai bayanganya anda bisa melihat gambar berikut ini :
Dimana cahaya dapat masuk melalui kaca jendela dan terilihat background luar dari dalam ruangan, untuk membuat background di 3ds max mengunakan vray hdri anda bisa melihat tutorial sebelunya disini. setelah anda melihat tutorialnya anda bisah lanjut ketutorial ini,
membuat material kaca di 3dsmax
langkah pertama anda tekan tobol "M" pada keyboard dan akan terdapat material standard yang ditunjukan pada gambar no 1, kemudian pilih standart yang ditunjukan nomer 2.
Kemudian akan muncul material map browser, kemudian pilih V-Ray Adv 2.30.01. kalo belum punya bisa download dulu di wen ini juga. kalo sudah pilih material vray yaitu VrayMtl yang ditunjukan pada no 4.
setelah itu akan material akan berubah menjadi material vray yang ditunjukan oleh nomer 5, lalu pilih diffuse klik pada kolom warna abu-abunya yang ditunjukan nomer 6.
setelah itu anda rubah parameternya sesuai gambar yang ditunjukan oleh nomer 7 lalu pilih OK.
setelah itu rubah parameter reflection menjadi seperti gambar yang ditunjukan oleh nomer 9 lalu ok.
langkah selanjutnya subdivs menjadi 12 dan ceklis Fresnel reflection pada nomer 12
kemudian anda rubah lagi Reflect pada no 13 lalu rubah parameternya sesuai nomer 14 lalu pilih ok
setelah itu anda Exit color pada no 16 lalu rubah parameter seperti nomer 17 lalu ok.
kemudian anda ceklis Afact shadows pada nomer 18 lalu rubah Fog color seperti yang ditunjukan nomer 20 lalu pilih ok.
Setelah itu anda pilih objek yang akan di berikan material, kali ini saya memilih kaca jendela sebagai objek yang ditunjukan nomer 22, lalu pilih ikon yang ditunjukan nomer 23 kemudian pilih ikon yang ditunjukan nomer 24.
setelah itu material akan menempel pada objek sehinga menjadi material kaca dan teembus pandang sehingga background atau area luar kelihatan dari dalam ruangan.
Untu uji coba rendering tampak seperti dibawah ini, sinar cahaya dari luar masuk kedalam ruangan.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial dibawah ini :
Selamat mencoba...